Pages

Hasil Kerja Keras (HKK)

Senin, 03 Juni 2013

Halo!
Mungkin lo ga memikirkan atau udah lupa atau emang ga peduli dengan sapa- gw barusan. Misalnya salah satu lo inget atau peduli dan bertanya "Kenapa nyapanya ga kayak posting sebelumnya?". Jawabannya. "Gw takutnya lo yang berbaik hati meluangkan waktu buat baca posting gw pada marah, karena postingan gw sebelum ini, gw cuma nyapa angin. Jadi gw mau menyapa kalian semua yang nyata maupun gaib". *ala Tukul.

Gw akan sedikit bercerita tentang pengalaman gw dalam belajar menghadapi ulangan. Belum terlalu lama, saat gw kelas 9 semester satu. Yaitu, ulangan semester ganjil.

Besok adalah hari ke-4 gw ulangan semester 1 kelas 9, Mata pelajaran yang akan diujikan itu adalah TIK (teknologi informasi dan Komunikasi). Gw berpikir, hari ini gw kurang puas dengan jawaban yang gw isi tadi. Jadi gw memutuskan untuk lebih- lebih belajarnya. Dikamar gw duduk dibawah sambil meletakkan 2 buku TIK. Yaitu buku paket yang berukuran kecil, dan buku tulis. Karena pelajaran TIK jarang ada latihan yang harus ditulis dibuku tulis, jadi buku tulis itu gw campur Catatan- dengan Latihan. Belajar pun dimulai. Gw membaca buku paket itu mula-mula dari bab 1. Yang gw hafalkan, yaitu : 
- pengertian dan asal mula
- singkatan dan kepanjangannya
- istilah-istilah
- cara-cara
- keuntungan dan kelemahan 


Dengan cara menghafalkannya, antara lain:
- Dengan suara keras
- dibaca, diingat, dan diucap berulang kali, sampai hafal di luar 
  kepala. (maksudnya sampe inget banget, ga pake liat buku atau 
  catatan).

Proses penghafalan gw berlanjut ke Bab-bab berikutnya. Dan kalo ada Latihan soal di sela-sela pergantian bab, gw isi dan hafalin soal+jawabannya.

Selesailah gw belajar sampai bab terakhir. Rasanya otak gw udah penuh dan mau tumpah. Akhirnya gw beresin buku-buku itu dan alat-alat tulis untuk besok.

Besoknya,
TIK kalo ga salah, ulangan pelajaran ke-2. Susunan jadwal:
Bel masuk - Ul.MTK - Istirahat - Ul.TIK - Ul.Penjas - Bel pulang

Dan saat menerima soal ulangan TIK. Ekspresi gw. 

http://eemoticons.net *kenapa soalnya susah?! Kenapa gw ga inget hafalan gw?!
Ah.. yaudah lah gw isi sebisanya aja dengan sedikit bantuan dari temen. (Re*bantuan*: nanya-nanya).
Ulangan hari itu berakhir dengan ketidak-puasan juga.

Seminggu kemudian,
Hasil ulangan TIK telah keluar, tapi bukan dikertas ulangan itu sendiri melainkan didata kelas gw yang ada dikomputer guru TIK.

Saat gw lagi memperhatikan nilai-nilai gw. Jantung gw tersentak! Dikolom tugas terakhir gw bernilaikan 100 COOOOOYYYY!! 
Saat gw memperhatikan lagi nilai-nilai temen-temen gw, kaga ada yang SERATUS lagi COOOOYY! 
Berarti cuma gw dong yang nilainya seratus? 

*bangga banget dalem hati, ga sia-sia udah belajar mati-matian.
Tapi padahal waktu gw ngerjain ulangan itu ngga merasa puas loh? kok bisa ya? ya.. itu adalah kehendak Allah yang maha kuasa. 
"Kita sudah berusaha, sisanya pasrahkan pada Allah".

Ya, begitulah kisah motivasi gw. Semoga bermanfaat bagi orang yang membacanya. Tapi saat itu gw *girang banget dalem hati. Jadi, keberhasilan itu harusnya dijadikan pengalaman motivasi kita, jangan sampai membuat lo puas dan akhirnya lo sombong dan ga mau berusaha lagi. 

Semoga cerita gw bisa memberikan semangat bagi orang-orang yang males belajar apalagi kalo lagi ulangan. 
"Buang NeThink, ciptakan PoThink!". 

BYE! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS